Wifi.id News & Articles

Trik Ampuh Hadapi Stres dalam Pekerjaan

Selain untuk menunjang kehidupan, salah satu cara untuk mengisi waktu luang adalah dengan bekerja. Namun, tak heran, jika beban pekerjaan terlalu berat, stres pun akan menghantui kehidupan. Meski telah banyak alat produktivitas modern yang membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tampaknya hal tersebut tidak begitu berpengaruh bagi sebagian orang. Pada akhirnya banyak di antara mereka yang membawa pulang pekerjaan kantor yang belum tuntas ke rumah. Lantas bagaimana cara mengatasi stres yang ditimbulkan oleh beban pekerjaan tersebut?

Dilansir dari Myfatpocket, Kamis (13/7/2017), berikut tiga cara realistis agar tidak stres dalam menghadapi pekerjaan sehingga tidak mengganggu kehidupan pribadi Anda.

1. Buat Daftar untuk Esok Hari
Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan kantor, maka buatlah daftar apa saja yang akan dilakukan esok hari. Tuliskan hal-hal yang perlu diingat dan dipertimbangkan agar memudahkan dalam menyelesaikan tugas. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman dan tidak diganggu oleh orang lain. Mulailah berjalan meninggalkan kantor dan hilangkan semua hal mengenai pekerjaan dalam pikiran Anda.

2. Periksa Pesan Hanya di Tempat Kerja
Mungkin pada awalnya hal ini sedikit sulit untuk dilakukan. Namun yang jelas, Anda harus memiliki waktu pribadi untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga, teman, dan kekasih. Mulailah dengan menghentikan kebiasaan yang terus-terusan memeriksa e-mail ataupun pesan yang berhubungan dengan pekerjaan.

3. Perawatan
Agar hidup bahagia, segala sesuatunya harus berjalan dengan seimbang. Seimbang antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Jangan terlalu fokus pada pekerjaan sampai-sampai Anda lupa untuk merawat diri sendiri. Tidak ada salahnya luangkan waktu untuk membuat janji dengan dokter kulit, bersantai, jalan-jalan, dan cuti sejenak dari pekerjaan yang begitu banyak sehingga Anda akan merasakan penurunan stres yang cukup signifikan.

Pada intinya, Anda harus memiliki waktu pribadi tanpa memikirkan, merencanakan, mengkhawatirkan pekerjaan saat berada di rumah, berkumpul dengan keluarga dan teman. Berlatihlah meninggalkan pekerjaan baik secara fisik maupun mental pada akhir jam kerja.

Source: liputan6.com

comments powered by Disqus